Pengaruh Kebudayaan Terhadap Pembelian dan Konsumsi
Sunday, December 14, 2014
A.
Budaya
Budaya
nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, aturan-aturan dan norma-norma yang melingkupi
suatu kelompok masyarakat akan mempengaruhi sikap dan tindakan individu dalam
masyarakat tersebut.sikap dan tndakan individu dalam suatu masyarakat dalam
beberapa hal yang berkaitan dengan nilai, keyakinan aturan dan norma akan
menimbulkan sikap dan tindakan yang cenderung homogen. Artinya, jika setiap
indvidu mengacu pada nilai, keyakinan, aturan dan norma kelompok, maka sikap
dan prilaku mereka akan cenderung seragam. Misalnya dalam suatu masyarakat
adaaturan mengenai bagaimana melakukan pernikahan sehingga laki-laki dan
perempuan dapat dipisahkan sebagai suami istri. Ketika anggota mayarakat akan
menikah, maka proses yang dilalui oleh anggota masyarakat itu akan cenderung
sama dengan anggota masyarakatyang lainnya. Menurut” Wallendorf & Reilly
dalam Mowen :1995”. Budaya adalah seperangkat pola perilaku yang secara sosial
dialirkan secara simbolis melalui bahasa dan cara-cara lain pada anngota dari
masyarakat tertentu.
Definisi di atas menunjukkan bahwa budaya merupakan cara menjalani hidup dari suatu masyarakat yang di transmisikan pada anggota masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya.
B. Kelas sosial dan perilaku pembelian
Dalam
berperilaku, status sosial konsumen turut memainkan pengaruh. Tndakan apa yang
seharusnya dilakukan konsumen sangat ditentukan oleh status sosialnya. Berikut
gambaran perbedaan peran yang dimainkan oleh konsumen dengan status sosial
tinggi dan status sosial rendah.
Kelas
atas Kelas bawah
1.
Kebiasaan belanja
a.
as a pleasure
b.
mengunjungi toko yang memiliki image”high-fashion”
c.
Lebih banyak mencari informasi dari media masa
d.
Harga buku indikator kualitas
e.
Menyenangi barang masal dan diskon
f.
Memiliki informasi produk yang minim, bertindak berdasar display di toko dan
info wiraniaga, suka membeli produk”on sale”.
2.
Aktivitas waktu luang
a.
Seperti: tennis, golf, menghadiri kegiatan sosial, membaca, mengikuti kegiatan
sosial.
b. Lebih banyak membaca surat kabar, untuk acara TV menyukai olahraga dan drama terbaru.
b. Lebih banyak membaca surat kabar, untuk acara TV menyukai olahraga dan drama terbaru.
c.
Lebih anyak melihat TV, memancing, sepak bola, angkat berat, dan dirumah.
d.
Tidak banyak baca surat kabar, suka melihat opera sbun, quiz, dan komedi
situasi.
3.
Kepribadian
a.
Punya keyakinan diri, berani mengambil resiko, memiliki pandangan yang luas.
b.
Kepemilikan melambangkan “motivasi pribadi pemilik”
c.
Berfokus pada masa kini, dan masa lalu, pandangan yang terbatas, berorientasi
pada diri dan keluarga.
d.
Kepemilikan merupakan “nasib baik”
C. Pasar Konsumen dan Tingkah Laku Konsumen dalam Membeli
Pasar
konsumen:
Semua
individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang dan jasa untuk
konsumsi pribadi memiliki tingkah laku sebagai pembeli (konsumen): Perilaku
membeli konsumen akhir (individu dan rumah tangga) yang membeli barang serta
jasa untuk konsumsi pribadi.
Model
Tingkah Laku Membeli:
1.
Karakteristik yang Mempengaruhi Tingkah Laku Konsumen
2.
Perangsang
3.
Penjualan
4.
Produk
5.
Harga
6.
Tempat
7.
Promosi
8.
Perangsang dan lain-lain.
FaktorFaktor
Budaya Merupakan faktor yang memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada
tingkah laku konsumen:
1.
Budaya Kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan tingkah laku yang
dipelajari oleh seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting
lainnya
2.
Sub Budaya Sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada
pengalaman hidup dan situasi
3.
Kelas Sosial Divisi masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para
anggotanya menganut nilai-nilai, minat dan tingkah laku yang serupa.
Faktor-faktor
social
a.
Kelompok acuan
Dua
orang/lebih yang berinteraksi untuk mencapai sasaran individu atau bersama,
kelompok ini berfungsi sebagai titik perbandingan atau acuan langsung atau
tidak langsung yang membentuk sikap/perilaku seseorang. Orang dalam kelompok
acuan yang, karena keteram - pilan, kepribadian, atau karakteristik lain yang
spesial memberi pengaruh kepada orang lain
b.
Keluarga Organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan
te lah diteliti secara mendalam
c.
Peran dan Status Peran: Terdiri dari aktivitas yang diharapkan dilakukan
sesorang menurut orangorang yang ada di sekitarnya Status: Penghargaan yang
diberikan oleh masyarakat.
FaktorFaktor
Pribadi
a.
Umur dan Tahap daur Hidup
b.
Pekerjaan
c.
Situasi Ekonomi
d.
Gaya Hidup
e.
Kepribadian dan Konsep diri kepribadian
• Gaya Hidup adalah Pola kehidupan seseorang yang diwujudkan dalam aktivitas, interest dan opininya. Gaya hidup akan mencakup sesuatu yang lebih dari seke dar kelas sosial atau keperibadian seseorang dan gaya hidup akan menampilkan pola beraksi dan berinteraksi seseorang secara keseluruhan di dunia.
• Kepribadian dan Konsep diri Kepribadian. Karakteristik psikologi unik dari seseorang yang menyebabkan respons yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan dirinya sendiri. Konsep diri: disebut juga dengan citra diri, dasar yang digunakan adalah bahwa apa yang dimiliki seseorang memberi kontribusi pada dan mencerminkan iden titas mereka, artinya: “kami adalah apa yang menjadi milik kami”.
FaktorFaktor
Psikologi
a.
Motivasi Motivasi adalah suatu kebutuhan yang cukup untuk mendorong seseorang
untuk bertindak
b. Persepsi Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepre tasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia, bentuknya: Perhatian selektif
b. Persepsi Proses yang dilalui orang dalam memilih, mengorganisasikan dan mengintepre tasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti mengenal dunia, bentuknya: Perhatian selektif
Kecenderungan
bagi manusia untuk menyaring sebagian besar informasi yang dihadapi distorsi
selektif: Menguraikan kecenderungan orang untuk menginte pretasikan informasi
dengan cara yang akan mendu kung apa yang telah diyakini Ingatan selektif:
Kecenderungan dalam mempertahankan informasi yang mendukung pendirian dan
kepercayaan orang.
a. Pengetahuan Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman
b. Keyakinan dan sikap Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu Sikap: Evaluasi, perasaan dan kecenderungan dari seseorang terhadap suatu obyek atau ide yang relatif konsisten.
a. Pengetahuan Perubahan dalam perilaku individual yang muncul dari pengalaman
b. Keyakinan dan sikap Keyakinan: pemikiran deskriptif yang dimiliki seseorang mengenai sesuatu Sikap: Evaluasi, perasaan dan kecenderungan dari seseorang terhadap suatu obyek atau ide yang relatif konsisten.
Peran
Konsumen dalam Membeli
1.
Pemrakarsa:
orang yang pertama menyarankan/mencetuskan gagasan membeli produk tertentu
2.
Pemberi
Pengaruh: Orang yang pandangan/sarannya mempengaruhi keputusan membeli
3.
Pengambil
Keputusan: Orang yang akhirnya membuat keputusan membeli
4.
Pembeli:
orang yang benarbenar melakukan pembelian
5.
Pengguna:
orang yang mengkonsumsi/menggunakan produk
Jenis
Perilaku Keputusan Pembelian: Keterlibatan Tinggi Keterlibatan Rendah Perbedaan
besar antara merek Tingkah laku membeli yang kompleks Tingkah laku membeli yang
mencari variasi Perbedaan kecil antara merek Tingkah laku membeli yang
mengurangi ketidakcocokan Tingkah laku membei yang menjadi kebiasaan.
0 comment